Senin, 19 November 2012

Sistem Kerja Ginjal Manusia

Apa yang ginjal lakukan?
Ginjal  berbentuk seperti kacang, masing-masing tentang ukuran kepalan tangan.Mereka terletak di dekat tengah punggung, tepat di bawah tulang rusuk, satu di setiap sisi tulang belakang. Ginjal adalah mesin pengolahan yang canggih.

Setiap hari, ginjal seseorang memproses sekitar 200 liter darah untuk menyaring sekitar 2 liter produk limbah dan air ekstra. Limbah dan air ekstra menjadi urin, yang mengalir ke kandung kemih melalui tabung yang disebut ureter. Kandung kemih menyimpan urin sampai melepaskannya melalui buang air kecil.

Limbah dalam darah berasal dari pemecahan normal jaringan aktif, seperti otot, dan dari makanan. Tubuh memanfaatkan makanan untuk energi dan self-perbaikan.Setelah tubuh telah mengambil apa yang dibutuhkan dari makanan, limbah dikirim ke darah. Jika ginjal tidak menghapus mereka, limbah ini akan membangun dalam darah dan merusak tubuh.

Penghapusan aktual limbah terjadi dalam unit kecil di dalam ginjal disebut nefron.Setiap ginjal memiliki sekitar satu juta nefron. Dalam nefron, sebuah glomerulus-yang merupakan pembuluh darah kecil, atau kapiler-intertwines dengan tabung pengumpul urin kecil yang disebut tubulus .

Glomerulus bertindak sebagai unit penyaringan, atau saringan, dan membuat protein normal dan sel-sel dalam aliran darah, yang memungkinkan cairan ekstra dan limbah untuk melewati. Sebuah pertukaran kimia yang rumit terjadi, sebagai limbah bahan dan air meninggalkan darah dan memasuki sistem kemih.

Pada awalnya, tubulus menerima kombinasi dari bahan limbah dan bahan kimia tubuh masih dapat digunakan. Ginjal mengukur bahan kimia seperti natrium, fosfor, dan kalium dan melepaskan mereka kembali ke darah untuk kembali ke tubuh.Dengan cara ini, ginjal mengatur tingkat tubuh dari zat tersebut. Keseimbangan yang tepat diperlukan untuk kehidupan.

Selain menghilangkan limbah, ginjal merilis tiga hormon penting:

  • Eritropoietin atau EPO, yang merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah
  • Renin, yang mengatur tekanan darah
  • Calcitriol, bentuk aktif vitamin D, yang membantu mempertahankan kalsium untuk tulang, dan untuk keseimbangan kimia yang normal dalam tubuh
Hal lain mengenai ginjal

Orang dengan dua ginjal sehat memiliki 100 persen dari fungsi ginjal mereka. Penurunan kecil atau ringan pada fungsi ginjal-sebanyak 30 sampai 40 persen-akan jarang terlihat. Fungsi ginjal sekarang dihitung dengan menggunakan sampel darah dan rumus untuk mencari laju filtrasi glomerulus diperkirakan (eGFR). EGFR sesuai dengan persen dari fungsi ginjal yang tersedia.

Beberapa orang dilahirkan dengan hanya satu ginjal, tetapi masih dapat menjalani kehidupannormal, dan hidup sehat. Setiap tahun, ribuan orang mendonorkan salah satu ginjalnya untuk transplantasi kepada anggota keluarga atau teman.

Bagi banyak orang dengan fungsi ginjal yang berkurang, penyakit ginjal akanhadir dan akan menjadi lebih buruk. Masalah kesehatan serius terjadi ketika orang memiliki kurang dari 25 persen dari fungsi ginjal mereka. Ketika fungsi ginjal turun di bawah 10 sampai 15 persen, orang perlu beberapa bentuk terapi pengganti ginjal-baik perawatan pembersihan darah disebut dialisis atau transplantasi ginjal-untuk mempertahankan kehidupan.


Serbaherbal1 Insya Alloh adalah solusi untuk mengobati segala penyakit anda. Diramu dari campuran bahan-bahan Alami indonesia, dan sudah di buktikan secara turun temurun dari generasi kegenerasi.

Silahkan langsung kontak kami untuk pemesanan