Minggu, 02 Desember 2012

Penyebab Penyakit Ginjal

Apa itu penyakit ginjal ?  Apa beda penyakit ginjal akut dan penyakit ginjal kronik ?  Apapula yang dimaksud dgn gagal ginjal ?  Bagaimana mengenali tanda / gejala gangguan ginjal, pencegahan dan pengobatan gagal ginjal ?  Semua berusaha saya jawab dalam rangkuman berikut ini.

Gambaran Umum Penyakit Ginjal
Sebagai salah satu alat pengeluaran (ekskresi), ginjal bekerja membuang sampah sisa motabolisma yang terjadi pada tubuh manusia.   Juga secara sistematis membuang cairan yang berlebihan dari tubuh sebanyak 750 ml – 1500 ml perhari.
Bila ginjal tidak berfungsi, atau dalam dunia kedokteran disebut  sebagai gagal ginjal, sisa metabolisma yang tidak dikeluarkan tubuh akan menjadi racun bagi tubuh kita  sendiri.
Racun ini, lanjutnya akan menimbulkan keluhan mual, muntah, sakit kepala hebat sampai penurunan kesadaran. Cairan yang tidak bisa keluar dari tubuh akan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di seluruh rongga tubuh sehingga terjadi sembab dan sesak nafas. Bila tidak diatasi segera orang yang mengalami gagal ginjal akan menemui kematian.
Menurut kejadianya gagal ginjal dapat dibagi atas gagal ginjal akut yang timbul secara tiba-tiba dalam hitungan hari dan minggu. Sedangkan gagal ginjal kronik timbul perlahan secara menahun.
Gagal ginjal akut jika dilakukan pengobatan yang tepat, akan dapat disembuhkan. Sedangkan gagal ginjal kronik tidak dapat disembuhkan, dan harus menjalani pengobatan seumur hidup,.
Penyebab gagal ginjal akut  dapat disebabkan oleh peristiwa yang terjadi secara akut seperti penyumbatan total saluran ginjal oleh batu, kekurangan cairan pada diare yang tidak diatasi segera dan kekurangan darah pada orang luka dan operasi, infeksi berat serta keracunan obat dan zat kimia tertentu. Bila tidak ditangani dengan baik gagal ginjal akut ini akan berubah menjadi gagal ginjal kronik yang permanen.

Gejala / Tanda Penyakit Gagal Ginjal
Tanda2  gagal ginjal  akut antara lain : nyeri pinggang  yg amat sangat sakit  (kolik), bengkak mata, bengkak kaki, saat kencing sakit, demam, kencing sedikit, kencing merah (ada darah), sering kencing.  Ada Kelainan Urine, al:  ada protein dlm urine, ada eritrosit, sel darah putih / lekosit, bakteri dalam urine.
Gejala gagal ginjal kronik antara lain : mual, muntah, bengkak2, lemas, tidak ada tenaga,  nafsu makan berkurang, , kencing berkurang, gatal, sesak napas, wajah pucat /anemia. Kelainan urin: ada protein, eritrosit, lekosit dalam urine.  Kelainan hasil pemeriksaan Lab yg  lain: creatinine darah naik, Hb turun;  Urine: protein selalu positif (selalu ada protein dalam urine).

Penyebab penyakit ginjal
1. Penyakit umum/ sistemik
  • Kencing manis seperti diabetes mellitus, hipertensi, cholesterol tinggi – dyslipidemia.
  • SLE seperti penyakit lupus, penyakit kekebalan tubuh lain, asam urat tinggi – hyperuricemia – gout
  • Infeksi di badan seperti  paru (TBC), sifilis, malaria, hepatitis, preeklampsia, obat-obatan, amiloidosis, kehilangan carian banyak yang mendadak seperti muntaber, perdarahan, luka bakar. Hal-hal tersebut di atas dapat berakibat gangguan penyakit pada ginjal.
2. Penyakit lokal pada ginjal
  • Penyakit pada saringan (glomerulus) – glomerulonephritis,
  • Infeksi seperti karena kuman – pyelonephrits, ureteritis,
  • Karena turunan, kelainan proses di ginjal nephrolithiasis.
  • Kista seperti di ginjal–polcystic kidney
  • Karena  trauma atau karena benturan, terpukul, keganasan–kanker–malignancy.
  • Sumbatan seperti  tumor, penyempitan atau striktur.
Terdapat bermacam-macam penyakit ginjal, sehingga pasien datang ke dokter juga dengan macam-macam gejala. Berikut ini kemungkinan datangnya seorang pasien dengan kumpulan gejala  atau sindrom penyakit ginjal sebagai berikut:
  • Gagal ginjal akut:  gangguan ginjal mendadak, fungsi ginjal ”anjlok”, tidak keluar urin.
  • Nefritis akut:  penyakit mendadak pada saringan ginjal (glomerulus),  tungkai bengkak, ditemukan protein & darah di urin.
  • Gagal ginjal kronik:  gangguan kronis yang menahun pada ginjal sehingga fungsi ginjal turun. Keluhan & gejala antara lain lemas, nafsu makan berkurang, mual, pucat, kencing sedikit, dan  sesak napas.
  •  Sindrom Nefrotik:  gangguan pada saringan ginjal, terjadi kebocoran hebat protein dari darah melalui glomerulus dan saringan ke urin, terdapat bengkak muka – kaki – perut, dan kolesterol naik.
  • Infeksi saluran kemih:  infeksi di ginjal – saluran kemih lainnya, bisa akut dan bisa kronis. Selain itu, sakit pinggang, demam, kencing sakit, bisa hanya pegal pinggang.
  • Gangguan pada tubulus ginjal.
  • Hipertensi: umumnya tanpa gejala.
  • Batu ginjal pada saluran kemih seperti nyeri hebat kolik, darah di urin.
  • Obstruksi saluran kemih seperti saluran kemih terbendung oleh tumor, striktur mengalami penyempitan.
  • Gangguan ginjal bisa juga tanpa gejala (asymptomatik)
Jadi bila mencurigai ada gangguan penyakit pada ginjal, disarankan melakukan pemeriksaan yang paling sederhana yakni memeriksakan urin dengan  lengkap di laboratorium sebagai data. Di samping itu, untuk  fakta awal untuk proses selanjutnya menemukan adanya penyakit ginjal.

 KAPSUL SIRIH HITAM
OBAT GINJAL AMPUH !!!

 Rp. 250.000
Kontak 087736710838
HARGA BUKAN MASALAH YANG PENTING KESEMBUHAN ANDA !!!

  Serbaherbal1 Insya Alloh adalah solusi untuk mengobati segala penyakit anda. Diramu dari campuran bahan-bahan Alami indonesia, dan sudah di buktikan secara turun temurun dari generasi kegenerasi.
Silahkan langsung kontak kami untuk pemesanan 
087736710838